Minggu, 12 Mei 2013

Asal Usul Desa Kawedusan


Desa kawedusan terletak di sebelah timur kota Kediri. Fasilitas di desa ini sudah cukup baik. Khususnya untuk akses jalan, jalan annya sudah diaspal, dan fasilitas lainnya sudah cukup memadai.
Menurut kepala desa(19/04/13), mayoritas warganya bekerja sebagai petani. Hampir setiap hari mereka di ladang untuk menggarap kebun maupun sawah mereka. Tentunya orang-orang akan heran mengapa sebuah desa diberi nama kawedusan. Dalam bahasa Indonesia wedus berarti Kambing. Jadi dapat disimpulkan bahwa desa Kawedusan adalah desa Kambing.
Dari cerita warga Desa Kawedusan(22/04/13), memang dulu desa ini mayoritas warganya memelihara kambing. Dan setiap keluarga memiliki lebih dari 10 ekor kambing. Maka dari itulah desa ini diberi nama Desa Kawedusan.  Di Desa Kawedusan terdapat 4 dusun, diantaranya Dusun  Kawedusan, Bulurejo, Belung, dan Sadon.
Ketika kambing-kambing itu disembilih maupun mati, bulu-bulu dari kambing itu dibuang ke wilayang sebelah Dusun Kawedusan, kemudian diberi nama Dusun Bulurejo, dan dan tulang-tulangnya dibuang ke wilayah sebelahnya lagi dan diberi nama Dusun Belung, dan tempat terakhir pembuangan dari bagian kambing tersebut di beri nama Dusun Sadon. Dan itulah sejarah singkat dari desa Kawedusan.

Agus Zam / 09.1.01.07.0010 / PBSI IV A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar