Minggu, 12 Mei 2013

Sumber Keramat di Desa Sempu


Sempu-Sumber Banteng merupakan sumber air yang dianggap keramat oleh warga desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Di sumber itu kental akan hal-hal yang bersifat mistis, contohnya terdapat sebuah pemakaman dan sebuah patung seseorang yang sedang menggembala sapi di sumber itu.
Menurut cerita warga desa Sempu( 20/04/13), perempuan yang sedang  menstruasi dilarang untuk memasuki daerah sumber banteng karena akan berakibat buruk pada dirinya. Dan denda untuk wanita yang melanggarnya harus menyembelih seekor banteng/kerbau di sumber itu.
Sumber banteng sudah ada pada zaman sebelum kemerdekaan, kemungkinan besar bangunan-bangunan yang ada di sumber banteng merupakan tempat persembunyian para PKI, karena di sumber itu terdapat bangunan seperti terowongan.
Sumber banteng terletak di sebelah selatan desa Sempu. Lokasi Sumber Banteng  dijadikan alternatif bagi warga desa Sempu yang tidak berlangganan dengan PDAM dan mereka mengambil air dengan jerigen atau tong dengan di angkut sepeda motor atau sepeda ontel, dan juga bagi warga ketika ada kerusakan di sumber Celangap.


Dewi Robiatul / 09.1.01.07.0037 / PBSI IV A





Tidak ada komentar:

Posting Komentar