Kamis, 09 Mei 2013

Sumber Sirahgolo

Kamis, 9 Mei 2013

Sumber Sirahgolo adalah salah satu tempat sumber air yang sangat bermanfaat bagi warga Desa Jagul. Pada tanggal mahasiswa yang KKN di desa tersebut didampingi perangkat desa melakukan penghijauan. Pagi-pagi benar kami sudah berkumpul di depan pintu masuk sumber tersebut. Setelah sampai di sana kami berbincang-bincang dengan perangkat desa setempat. Beberapa saat kemudian, kami melakukan kegiatan penghijauan di sumber tersebut.

Kami segera menyelesaiakan pekerjaan tersebut dan beristirahat sejenak. Menurut penuturan perangkat desa tersebut, Sumber Sirahgolo merupakan aset yang penting bagi kelangsungan hidup warga di sana. Karena dari aliran air sumber tersebut banyak aktivitas warga yang terbantu. Aktivitas tersebut antara lain, yaitu, untuk mencuci, mengairi sawah-sawah mereka.
Sumber tersebut merupakan peninggalan yang harus dijaga. Susasana di sana masih terlihat asri dan alami. Banyak jenis burung-burung yang singgah di sana. Bahkan bermacam-macam jenis pohon banyak tumbuh di sana, mulai dari tanaman obat keluarga sampai pohon-pohon yang besar.
Warga di sana menganggap sumber tersebut keramat. Karena itu siapa saja tidak boleh merusak apa yang ada di sana. Banyak kejadian-kejadian aneh yang menimpa warga apabila melakukan sesuatu yang dianggap merusak keadaan sumber tersebut. Oleh karena itu semua warga atau pengunjung yang ke sana harus menjaganya. Apabila kita menjaga alam kita, tentu alam akan menjaga kita pula, tegas perangkat desa yang ada di sana.
 
Tak terasa waktu berlalu dan senja pun tiba, saatnya kami pulang dan mengakhiri kegiatan kami kali ini. Cuaca yang cerah dan suasana yang menggembirakan ini menambah keceriaan saya dan rekan-rekan KKN. Kelelahan kami terasa tidak begitu berarti dibandingkan pengalaman berkunjung ke Sumber Sirahgolo dan mengetahui sedikit tentang sejarah tempat tersebut bersama-sama. Semoga di lain waktu kami mendapat kesempatan untuk belajar bersama lagi, Senin (19/4).


Diposkan Oleh : Domi Ardiansah/PBSI_UNP KEDIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar