Sabtu, 01 Juni 2013

Koran Kedaulatan Rakyat Yogyakarta


Kedaulatan Rakyat merupakan surat kabar lokal Yogyakarta yang terbit setiap harinya. Di bawah naunganPT.BP. Kedaulatan Rakyat Group, Kedaulatan Rakyat memiliki berbagai media diantaranya media cetak dan media online sebagai sarana informasi berita. Pendirinya adalah H. Samawi (1913-1984) dan H.Soemadi Martono Wonohito (1912-1984).Mereka berdua adalah mantan wartawan  surat kabar Jepang yaitu Sinar Mati. Kedaulatan Rakyat pertama kali berdiri pada tanggal 27 September 1945. Di masa transisi dari penjajahan dan kemerdekaan serta pengakuan kedaulatan akan adanya Indonesia tercipta. 
Koran Kedaulatan Rakyat ini merupakan  salah satu media cetak terbesar di Yogyakarta ini. Akhirnya, pada saat itulah, dimulai sebuah era media bernama Kedaulatan Rakyat. Media ini berbentuk media cetak dan mengikuti perkembangan zaman.Kedaulatan Rakyat Yogyakarta pun memilih menerbitkan media mereka dalam bentuk web. Dalam pendistribusiannya koran Kedaulatan Rakyat didistribusi ke berbagai daerah sekitar Yogyakarta dan ada 9 kota yang mendapat distribusi koran Kedaulatan Rakyat antara lain yaitu Jogja, Gunung Kidul, Bantul, Magelang, Purworejo dan 4 kota lainnya.
Kedaulatan Rakyat Yogyakarta tidak hanya memberikatakan isi berita yang bersangkutan dengan seputaran daerah Yogyakarta, yang meliputi Sleman, Bantul, Gunung Kidul, dan Kulonprogo, tetapi meliputi daerah Jawa Tengah, yaitu Surakarta, Banyumas, Klaten, dan Magelang. Berita yang diberitakan oleh Kedaulatan Rakyat bersifat up to date selama 24 jam sehingga pembaca dapat mengakses berita kapan saja. Kedaulatan Rakyat merupakan industri media yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Kedaulatan Rakyat sudah ada sejak lama seiring dengan  perkembangan kota Yogyakarta dan Koran ini akrab disapa oleh penggemarnya dengan sebutan KR  dengan slogannya Suara Hati Rakyat. (M. Lutfi E/ PBSI IV A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar