Minggu, 12 Mei 2013

Potensi Desa Kawedusan



            Desa kawedusan,kecamatan plosoklaten,kabupaten Kediri merupakan salah satu desa yang memiliki ke guyub rukunan dalam membangun Desa. Desa Kawedusan merupakan salah satu desa yang mempunyai ciri khas yaitu tidak pernah membeda-bedakan  aspek sosial. Warga sekitar  sangat mengutamakan solidaritas sesama warga. Hal ini terbukti dengan adanya kerja sama antar warga setempat dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Salah satu kegiatan kemasyarakatan dalam desa ini yaitu gotong royong dalam kegiatan Jumat bersih,yang diadakan setiap dua minggu sekali.
Desa Kawedusan dulunya merupakan desa yang terjangkit wabah penyakit yang berbahaya. Tetapi ada sesepuh desa yang bernama Sri aji Joyo Boyo yang merasa prihatin akan kejadian itu. Akhirnya Sri Aji Joyo Boyo melakukan tapa brata(semedi) untuk menghindarkan desa tersebut dari wabah penyakit berbahaya. Sehingga desa ini di namakan desa Kawedusan yang berasal dari kata kawedanan dan adus yang berarti mandi agar menjadi bersih,maksud dari kata-kata itu adalah bersih dari penyakit. Sejak saat itu desa Kawedusan  menjadi aman dan bebas dari penyakit,sehingga masyarakat setiap tahunnya mengadakan bersih desa. Untuk menghormati pengorban dari Sri Aji Joyo Boyo. Bersih Desa diadakan sejak tahun 1970-sekarang
Hal yang juga sangat menonjol pada desa Kawedusan ini yaitu ketertiban masyarakatnya dalam menjalankan peraturan-peraturan di desa. Desa Kawedusan juga merupakan desa terbaik dalam sejarah,karena desa ini mempunyai banyak nilai plus dalam berbagai aspek,yang meliputi aspek sosial, budaya, ekonomi dan yang lain. Hal ini terbukti dari ketertiban masyarakat maupun perangkat desa yang mengutamakan kejujuran dan kedisiplinan.Mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian,tapi ada juga sebagian menjadi pedang ataupun PNS.


Oleh : Septiana Widayati / NPM : 09.1.01.07.0139

Tidak ada komentar:

Posting Komentar