Minggu, 12 Mei 2013

KEPALA DESA PENUH KHARISMA


KEPALA DESA PENUH KHARISMA

Sabtu, 11 Mei 2013
            Kediri – Bapak Suroso (45 thn) sosok kepala desa yang penuh tanggung jawab dan sangat di hormati masyarakat desa Margourip Kec. Ngancar Kab. Kediri. Beliau sudah 22 tahun mengabdi kepada masyarakat sebagai perangkat desa. Pengalaman hidup yang pahit hingga beliau menjadi seperti saat ini, membuat saya tertarik untuk menceritakan pengalaman hidupnya. Bapak Suroso terlahir dari keluarga yang kurang mampu, dengan berbekal tekad yang kuat, beliau pernah merantau ke Kalimantan. Tinggal di kota orang dengan meninggalkan seorang istri yang sedang hamil, membuat beliau ingin segera pulang ke kampung halaman.
            Keputusan beliau pulang ke kampung halaman ternyata tidak sia-sia. Ternyata, penduduk desa Margourip menginginkan beliau untuk menjabat sebagai perangkat desa. Dengan, dukungan, kepercayaan, dan tanggung jawab dari warga desa, Bapak Suroso pun menjadi kepala desa Margourip Kec. Ngancar Kab. Kediri. Penduduk desa biasanya memanggil beliau dengan panggilan, “Pak Lur atau Pak Lurah”.
            Pilihan asyarakat Desa Margourip memang tidak salah, sejak Pak Suroso menjabat jadi Kepala Desa, desa Margourip menjadi semakin berkembang. Tekad beliau yang ingin memajukan desanya mendapatkan respon yang positif dari warga sekitar. Berbagai usaha telah beliau upayakan, termasuk memajukan perekonomian desa, pembangunan desa, kesejahteraan desa, maupun keamanan desa. Sikap beliau yang sangat merakyat, membuat warga tidak segan-segan untuk bertamu ke rumah beliau, walaupun hanya bercanda tawa.
            Rumah beliau yang selalu menerima tamu 24 jam, seakan-akan ingin mengalahkan Rumah Sakit dan Indomart yang buka 24 jam juga. Bedanya, rumah Pak Lurah siap melayani berbagai keluhan. Keramahan beliaulah yang membuat para warga merasa percaya dan nyaman menceritakan berbagai masalah dan keluhan mereka pada beliau. Bapak tiga orang anak ini tipe orang yang humoris dan suka berbagi, entah itu berupa makanan, uang, ataupun pengalaman hidupnya. Beliau tidak segan-segan menolong orang, walaupun orang itu baru ditemuinya. Beliau pernah berpesan kepada kami mahasiswa KKN UNP Kediri, “Kalau kita melakukan sesuatu dengan ikhlas, maka pekerjaan itu akan terasa ringan!”
            Membantu orang lain tanpa mengharapkan balasan dan menjalankan tugas-tugas sesuai tanggung jawab, merupakan sesuatu yang mengantarkan beliau menjadi Kepala Desa yang sangat dicintai, dikagumi, dan dihormati semua warga Desa Margourip Kec. Ngancar Kab. Kediri. “Menjadikan Desa Margourip menjadi lebih baik dan maju”, itulah cita-cita atau harapan dari Pak Lurah.

Oleh : Ananda S.A / NPM : 09.1.01.07.0018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar