Minggu, 05 Mei 2013

Kentongan Raksasa Berumur Setengah Abad


       Ada yang belum pernah lihat kentongan? Sudah tahu semua kan? Yap, kentongan pada umumnya  sering digunakan para bapak yang sedang ronda atau siskamling, selain itu juga dugunakan oleh penjual bakso keliling. Kali ini kentongan yang akan saya bahas adalah kentongan raksasa. Saya sebut sebagai kentongan raksasa karena ukurannya tidak seperti ukuran kentongan pada umunya. Kentogan raksasa ini berada di kediaman Bapak Suroso dan sudah berumur lebih dari setengah abad.
            Menurut cerita dari Bapak Suroso, bahan yang dibuat untuk kentongan ini harus diperhatikan. Kentongan yang berumur lebih dari setengah abad ini harus terbuat dari kayu pohon nangka yang berumur sekitar 20 tahun dan sebelum memahat kayu ini, ada ritual khusus yaitu harus keliling desa.
            Kentongan yang dibuat pada tahun 1950an dengan pemilik pertama adalah kakek buyut dari Bapak Suroso yang pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Dusun. Kentongan ini diberikan secara turun temurun kepada Kepala Desa yang menjabat ( pada waktu itu jabatan Kepala Desa masih turun temurun ). Pada tahun 1970an untuk menjadi Kepala Desa sudah melalui tahap pemilihan dan Bapak Jamil yang pada waktu itu terpilih untuk menjadi Kepala Desa dan kentongan raksasa itu. Saat ini kentongan itu diwariskan kepada Bapak Suroso selaku Kepala Desa Margourip Kecamatan Ngancar kabupaten Kediri.
            Ada beberapa keanehan dari kentongan tersebut. Ketika kentongan tersebut pertama kali berada di kediaman Bapak Suroso, untuk mengangkat kentongan itu ke rumah membutuhkan kira-kira 10 orang untuk mengangkat kentongan tersebut masuk ke rumah Bapak Suroso, tetapi suatu malam Bapak Suroso bisa memindahkan kentongan itu sendirian, waow... kentongan yang harus di angkat 10 orang tetapi ternyata Bapak Suroso bisa mengangkatnya sendiri, Allahualam. Selain itu, ada yang menarik dari kentongan ini yaitu setiap malam Jumat kentongan ini selalu terdengar dengar sendirinya. Kalau kita sedang berada di dekatnya maka kita tidak akan terdengar karena bunyi kentongan yang di keluarkan kentongan setiap malam Jumat itu akan terdengar pada jarak sekitar 50 meteran.


  Anik Yulaikah / 09.1.01.07.0022 / PBSI IV A 



           









2 komentar:

  1. bagus juga blognya.. tapi alangkah baiknya apabila warna di font lebih di sesuaikan dengan background nya.. karena tulisan terlalu kontras dan sulit di baca... sippp deh... sekses buat kamu,.... jangan lupa main di:
    http://indunpkritis.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. iya terima kasih masukannya. . .
    tolong dibantu ya, ini juga masih belajar :)

    BalasHapus