Sabtu, 11 Mei 2013

Sumber Badut



            Plosoklaten- Kediri tepatnya di dusun Darungan terdapat salah satu tempat yang di keramatkan oleh masyarakat setempat. ” Salah satu tempat yang di keramatkan adalah sumber badut yang terletak di sebelah barat SD Punjul 1” kata ibu siti Fatimah salah satu penduduk dusun darungan (20/4/13). Lanjut ibu siti Fatimah “ dulu ada seorang badut yang tertabrak kereta api dan meninggal dunia setelah itu mayatnya di makamkan di barat SD Punjul 1. Beberapa tahun berikutnya tumbuh pohon beringin besar tepat di makam badut itu, setelah pohon itu besar mengeluarkan air dengan sendirinya. Air itu tidak pernah surut hingga sekarang”.
            Oleh karena itu air yang mengalir sampai sekarang itu di namakan sumber badut. “ jika ada orang yang sedang punya hajat harus memberi sesajen di pohon besar itu, jika tidak maka acara hajatannya tidak  lancar” ujar bu Siti (20/4/13). Pernah ada kejadian waktu punya hajat tidak memberikan sesajen di pohon itu,ternyata benar acara hajatannya tidak lancar ada saja halangannya. Hingga sekarang warga masyarakat percaya jika tidak memberikan sesaji maka acara hajatannya tidak lancar.
            Air yang mengalir dari pohon besar itu di buat mencuci dan mandi oleh warga karena airnya yang jernih. Banyak ikan- ikan yang hidup dalam air sumber itu. Warga setempat tidak menyangka kalau ada pohon besar yang dapat mengeluarkan air, sampai sekarang pohon itu tidak ada yang berani menebangnya karena selain keramat pohon itu juga banyak memberi manfaat bagi warga untuk mengair i sawahnya, mencuci dan mandi.
            


Devita Sulistyowati / 09.1.01.07.0036 / PBSI IV A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar