Minggu, 12 Mei 2013

GENERASI MUDA CS KARAWITAN


GENERASI MUDA CS KARAWITAN
Sabtu, 27 April 2013
            Kediri – Kebudayaan memang sangat lekat dengan bangsa Indonesia. Indonesia termasuk negara yang sangat kaya akan budaya-budayanya. Keunikan dan kekhasan budaya Indonesia mampu membuat wisatawan-wisatawan asing melirik negara kita ini. Sampai akhirnya mereka pun tertarik untuk mempelajarinya. Wisatawan asing saja tertarik mempelajarinya, “Bagaimana dengan generasi muda Indonesia?” Dengan adanya Globalisasi sebagian besar generasi muda melupakan budayanya. Berbeda dengan generasi di desa Margourip kec. Ngancar kab. Kediri, walaupun mereka masih kecil, kecintaan terhadap budaya mereka sangatlah tinggi. Hal itu terbukti, dengan adanya kelompok karawitan yang beranggotakan anak-anak.
Menurut pak Suyono (45 thn) salah satu anggota karawitan, “Karawitan ini memang sengaja memilih anak-anak sebagai pemainnya, agar mereka tidak melupakan budayanya.” Kelompok karawitan yang baru berdiri sekitar 6 bulan yang lalu ini, memang menjadi daya tarik tersendiri di desa itu. Kelompok ini biasanya tampil di gereja dalam acara-acara tertentu saja. Untuk latihan, mereka melakukannya setelah anak-anak selesai belajar sekitar pukul 19.00 WIB. Walaupun kelompok itu beranggotakan anak-anak, latihan tetap dilakukan setelah mereka selesai belajar.
            Tempat latihan yang kurang memadai bukanlah penghalang bagi anak-anak untuk terus berkreasi. Dengan tempat sederhana, penerangan yang kurang memadai, tidak membuat semangat dan antusias anak-anak dalam berlatih. “ Gak apa-apa mbak, sing penting bisa latihan walaupun tempatnya kecil,” tutur Rian pelajar MTS desa Margourip. Bisa dibilang generasi muda desa Margourip Kec. Ngancar Kab. Kediri sangat menjunjung tinggi nilai kebudayaan mereka. “KARAWITAN Yes, Hip Hop, Why Not!”Melestarikan budaya kita itu perlu dan mempelajari budaya asing itu juga perlu!

Oleh : Ananda S.A. / NPM : 09.1.01.07.0018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar